5 Istilah Dasar Kamera Digital Yang Perlu Anda Tahu

Posted by El Sadra 18 September 2013 0 comments
Familiar dengan terminologi yang digunakan dalam setiap hal yang berkaitan dengan minat selalu akan menjadi hal yang berguna; tak terkecuali dalam hal minat terhadap kamera digital.  Meskipun banyak kamera digital yang tersedia di pasaran sekarang ini memudahkan anda, bahlkan hanya dengan menekan atau menyentuh tombol anda sudah bisa mendapatkan suatu foto, tapi seringkali ada hal-hal yang belum anda tahu atau sadari.

Sederhananya, dengan memahami istilah-istilah yang sangat penting terkait dengan kamera digital akan memungkinkan bagi anda untuk melakukan pembelian kamera digital baru yang lebih baik, bisa berbuat banyak dengan fitur-fitur yang ada pada kamera anda, dan tentu saja membantu anda untuk dapat memotret suatu objek dengan sebaik mungkin.

1. Megapixel
Ketika kita menggunakan istilah megapixel, kita mengacu kepada resolusi maksimum di mana sebuah kamera digital dapat mengambil foto dalam jutaan piksel.  Ini berarti bahwa sebuah kamera dengan kisaran 4 megapixel dapat mengambil foto yang masing-masing berisi maksimal 4 juta  piksel.
Tapi apa artinya ini bagi konsumen?  Jawabannya adalah : kualitas.  Jumlah megapiksel yang lebih tinggi berarti  fotonya juga berkualitas lebih baik. Mengingat harga kamera digital semakin murah dan terjangkau, anda harus tetap berusaha memilih kamera digital yang memiliki jangkauan minimal 3 megapiksel atau lebih, terutama jika anda berkeinginan untuk mencetak foto anda .

2. Focal length
adalah istilah yang sangat sering diabaikan oleh para fotografer amatir. Focal length mengacu pada berapa banyak lensa kamera dapat memperbesar suatu tembakan. Ia umumnya dibagi menjadi dua kategori, yakni wide-angle dan telephoto. Yang pertama lebih baik untuk bidang luas, sementara yang terakhir lebih baik untuk yang sempit.

3. Digital Zoom
Berbeda dengan focal length, digital zoom adalah istilah yang tampaknya perlu diberikan perhatian lebih banyak daripada yang seharusnya. Tidak seperti zoom optik, yang menggunakan lensa fisik di dalam kamera untuk memperbesar scene, digital zoom secara elektronik memperbesar pixel di area tengah foto, yang berarti bahwa setiap kali anda menggunakan fungsi digital zoom pada kamera anda, anda benar-benar mengorbankan kualitas foto anda.  Ini adalah ide yang baik untuk menonaktifkan fungsi zoom digital sekaligus agar hal ini tidak terjadi.

4. ISO
ISO adalah singkatan dari International Standards Organization, tapi apa kaitannya dengan kamera digital anda? Organisasi tersebut menetapkan standar untuk fotografi, dan ukuran ISO suatu kamera mengacu pada seberapa sensitif kamera tersebut terhadap pencahayaan.
Misalnya, angka ISO yang rendah (100 atau di bawahnya) tidaklah terlalu sensitif terhadap cahaya, dan sangat baik jika dilakukan dalam kondisi pencahayaan yang baik.  Ukuran ISO yang lebih tinggi berarti bahwa kamera cocok untuk fotografi dalam kondisi gelap, sehingga alangkah baiknya jika anda mencari kamera yang memiliki jangkauan yang dapat disesuaikan; ISO 100-400 biasanya cukup memadai untuk kebutuhan orang kebanyakan.

5. Shutter Lag 
Shutter lag mengacu pada waktu antara menekan tombol untuk mengambil foto dengan waktu saat gambar benar-benar akan diambil. Ini mungkin bukan faktor yang sangat penting ketika membeli kamera, tapi coba pikirkan tentang hal ini: jika anda harus menunggu sedetik atau lebih untuk foto yang akan diambil, seperti pada kebanyakan kamera digital yang lebih kuno dan murah, maka kemungkinan anda tidak akan memperoleh foto seperti yang anda inginkan.
Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda untuk lebih memahami beberapa istilah yang sangat penting terkait dengan kamera digital. Yang pada gilirannya ini akan membantu anda dalam memilih kamera digital yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 5 Istilah Dasar Kamera Digital Yang Perlu Anda Tahu
Ditulis oleh El Sadra
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogpustakadigital.blogspot.com/2013/09/5-istilah-dasar-kamera-digital-yang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Pustaka Digital.